Kamis, 25 Januari 2018

Deskripsi Departemen Food and Beverage

Dihotel bertaraf internasional sering kita mendengar istilah departement Food & Beverage sebagai bagian dari hotel. Definisi departemen Food & Beverage secara umum adalah bagian yang mengurus makanan dan minuman, sedangkan definisi departement Food & Beverage secara khusus (dilihat dari dunia perhotelan) adalah bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lainnya yang terkait dari para tamu yang menginap maupun yang tidak menginap di hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta professional.
Fungsi adanya departement Food & Beverage adalah sebagai sarana yang harus ada di hotel, yang keberadaanya merupakan salah satu sumber pendapatan bagi hotel yang bersangkutan.
  • Pembagian Departement Food & Beverage
Departement Food & Beverage merupakan departement yang memegang peranan penting dalam suatu hotel.  Sekalipun demikian departement ini tidak bisa berdiri sendiri karena sangat tergantung pada departement lainnya seperti departement lainnya seperti departement housekeeping, engineering, accounting, front office, dsb. Departement Food & Beverage dapat dibagi menjadi dua bagian sesuai tugasnya masing – masing, yaitu bagian depan (front service) dan bagian belakang (back service). Walaupun terpisah tapi kedua bagian tersebut saling bergantung satu sama lain dan selalu harus bekerja dalam satu tim.
  1. Departement Food & Beverage Bagian Depan (Front Service)
Biasanya terdiri dari restaurant, bar, banquet dan room service. Petugas dibagian ini langsung berhubungan dengan para tamu.
2. Departement Food & Beverage Bagian Belakang (Back Service)
Biasanya terdiri dari kitchen, stewarding, service bar dan kantin karyawan. Disebut back service karena tidak langsung berhubungan dengan tamu dan harus melalui perantara pramusaji.
  • Tujuan Departement Food & Beverage
  1. Menjual makanan dan minuman sebanyak – banyaknya dengan harga yang sesuai.
  2. Memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada tamu hingga tamu merasa puas. Hal ini menyangkut pelayanan, mutu makanan dan minuman, sikap karyawan , dekorasi ruangan serta suasana sekitar, peralatan yang dipakai dan kebersihannya.
  3. Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dan kesinambungan usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Tes Marlin

Marlins English Test atau biasa di sebut Marlin Test merupakan tes wajib yang harus dilakukan bagi calon pelaut. Marlin Test adalah Test ...