Berita gembira
untuk para sarjana strata 1 (S1) dan strata 2 (S2). Bagi mereka yang
sudah lulus jenjang tersebut tak perlu khawatir akan peluang kerja.
Mengapa? Ada lapangan pekerjaan profesional dengan ribuan jumlah
tampungan tenaga kerja, yaitu menjadi crew kapal pesiar internasional. Peluang kerja yang menanti anda antara lain bidang perhotelan, mesin (engine), galangan kapal (deck), akuntansi keuangan, informasi teknologi (IT).
Jenjang Sarjana sangat mungkin dan memiliki peluang besar untuk kerja di kapal pesiar. Pasalnya, syarat dasar menjadi crew
(tenaga kerja) kapal pesiar adalah pendidikan sekolah menengah atas
atau sederajat. Petugas rekruitmen agen resmi kapal pesiar internasional
PT Meranti Magsaysay mengatakan jenjang sarjana memiliki peluang besar
menjadi crew kapal pesiar asalkan memiliki kemampuan
berkomunikasi dengan bahasa Inggris serta memiliki keterampilan pada
bidang yang dibutuhkan. “Sarjana laki-laki maupun perempuan memiliki
peluang yang sama untuk menjadi crew kapal pesiar. Yang paling
penting adalah memiliki kemampuan komunikasi dengan bahasa Inggris bagus
dan keahlian dibidang perhotelan, akuntasi keuangan, deck, engine
atau departemen lainnya,” ujarnya kepada Managemen Humas LPK Indocrew
Crew Yogyakarta dalam perbincangannya saat silaturahim di Jalan Bumijo
Tengah 22 Yogyakarta beberapa waktu lalu.
Ia mengatakan, bahasa Inggris merupakan syarat mutlak untuk bisa menjadi crew.
Karena di kapal pesiar berinteraksi dengan tamu hotel yang nota bene
wisatawan asing dari berbagai Negara di dunia. “Sebenarnya kalau
pelajaran komunikasi bahasa Inggris di Indonesia itu sejak dini
ditekankan, harusnya mampu memberikan bekal bagi para pemuda kita.
Sehingga akan mempermudah memasuki lapangan kerja profesional dengan
standar gaji internasional,” tandasnya.
Bagaimana dengan sarjana S1 atau S2 yang belum memiliki bekal skill
bahasa Inggris dan bidang lainnya? Tak perlu berkecil hati? Direktur
LPK Indocrew Yogyakarta Dra Natalina Primawati mengatakan, semua jurusan
seperti: hubungan internasional, komunikasi, bahasa, atau eksakta
lainnya memiliki peluang sama. Bagi mereka yang belum memiliki kemampuan
berkomunikasi bahasa Inggris dengan baik dan memiliki kemampuan
keterampilan serta pengalaman perhotelan bisa mengikuti pendidikan
keterampilan singkat. “Misalnya di LPK Indocrew. Masuk mengikuti teori
kelas satu sampai tiga bulan, dilanjut dengan on the job training di hotel bintang 3 atau 6 selama enam bulan. Setelah dinyatakan mampu maka ikut seleksi agen kapal pesiar resmi,” ujarnya.
Menurut Natalina, mengasah kemampuan komunikasi bahasa Inggris maupun
keterampilan bidang kapal pesiar bukan sesuatu yang sulit. Semua orang
sangat bisa, tergantung dari kesungguhan masing-masing orang. “Jenjang
SMA aja yang memiliki kemampuan intelektual pas-pasan mudah diterima
menjadi crew apalagi para sarjana yang tentunya kemampuan inteneltualnya di atas rata-rata.”
Persyaratan untuk menjadi crew kapal pesiar sebenarnya sangat
mudah dan sederhana. Yaitu usia minimal usianya 19 tahun dan maksimal 32
tahun (bagi mereka yang belum memiliki pengalaman berlayar), memiliki
tinggi badan 160 untuk pria dan 155 untuk wanita, sehat jasmani rohani,
tidak buta warna serta memiliki ijin orang tua bagi yang masih single
dan ijin suami atau istri bagi yang sudah berkeluarga. “Tak sedikit
murid kami dari mahasiswa maupun sarjana yang mengikuti pendidikan
singkat crew kapal pesiar. Bahkan biasanya, mereka memiliki
kemampuan lebih dibanding lulusan sekolah menengah atas karena memiliki
kematangan berpikir yang lebih baik. Silakan bagi sarjana, atau masih
mahasiswa yang sudah ingin kerja di kapal pesiar ikut pendidikan kapal
pesiar. Kalau memang bersungguh-sungguh ada garansi untuk diterima.
Selama ini siswa kami yang bersungguh-sungguh pasti diterima karena
kebutuhan tenaga kerja kapal pesiar sangat banyak dan terus bertambah
dari tahun ke tahun.”
Data dari berbagai agen resmi kapal pesiar di Indonesia, setidaknya dalam tiap tahun untuk satu kapal pesiar membutuhkan crew 8000 orang.
Satu hal yang perlu diperhatikan adalah rekruitmen crew kapal pesiar tidak pernah dipungut success fee
yang jumlahnya mencapai jutaan atau puluhan juta. Dan juga agen resmi
tidak pernah menggunakan jasa pihak ketika atau calo dalam melakukan
rekruiment crew. “Hati-hati bagi dengan tawaran pihak-pihak tertentu yang menjanjikan kerja jadi crew dengan cara membayar. Semua ditentukan dengan kemampuan bahasa dan skill.”
Di Indonesia agen resmi yang melakukan rekruitmen kapal pesiar adalah PT Meranti Magsaysay, PT Ratu Oceania, CTI Grup, Sumber Bakat Insani (SBI), INDOSELECT.
“Saya mengajak kepada para sarjana atau mahasiswa untuk bergabung kerja
di kapal pesiar. Selain gajinya puluhan juta, juga didukung oleh profesionalisme
kerja yang tinggi, jenjang karier sampai manager jelas, jaminan
asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asurani kematian lengkap serta
perlindangan HAM dan perlindungan kekerasan seksual yang ketat. Marilah
segera bergabung untuk menyongsong masa depan yang cerah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar